CARA MENJADI PENENGAH JIKA TERJADI SUATU MASALAH DALAM PERGAULAN

CARA MENJADI PENENGAH JIKA TERJADI SUATU MASALAH DALAM PERGAULAN

Dalam kehidupan pastinya kita akan mengalami berbagai macam situasi dan kondisi, baik itu senang maupun susah, mau itu situasi bahagia maupun penuh dengan masalah. Masalah dalam pergaulan itu ibarat bom waktu. Jika terus di diamkan maka suatu saat pasti akan meledak dan menimbulkan kekacauan. Itulah mengapa dibutuhkan seorang penengah untuk meredam ataupun mencegah permasalahan tersebut terjadi. Akan tetapi untuk menjadi seorang penengah juga tidaklah mudah, karena jangan sampai anda malah menjadi sasaran bulan - bulanan suatu pihak yang tidak setuju dengan anda. Berikut ini beberapa cara menjadi penengah jika terjadi suatu masalah dalam pergaulan menurut saya, semoga bisa menjadi bahan referensi yang baik untuk anda.


CARA MENJADI PENENGAH JIKA TERJADI SUATU MASALAH DALAM PERGAULAN

1. Bersikap Netral
Bersikaplah Netral kepada kedua belah pihak yang sedang berseteru. Dan usahakan jangan sampai anda kelihatan lebih berpihak kepada suatu pihak sehingga membuat pihak lain akan menjadikan anda sasaran atau target selanjutnya. Tapi jika memang anda ingin bersikap netral sebaiknya anda harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi.

2. Bersikap Dewasa
Bersikaplah dewasa terhadap masalah apapun itu. Sebenarnya bukan hanya sikap anda yang dewasa tapi pikiran anda juga harus demikian. Orang dewasa biasanya akan cenderung menyelesaikan masalahnya dengan kepala dingin. Mereka tidak akan menyelesaikan masalah dengan masalah karena mereka tau bahwa itu hanya akan menambah masalah. So Dewasa lah.

3. Harus pintar menganalisa
Kekuatan menganalisa sangat diperlukan dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Karena dengan begitu kita tidak akan menuduh sembarangan tanpa adanya bukti. Tapi jika memang terbukti setidaknya kita siap memaparkan semua hasil analisa kita, tapi jika ada salah satu pihak yang tidak setuju setidaknya anda sudah jujur dan mengatakan semua yang anda ketahui.

4. Bersikap bijak
Kebijaksanaan juga sangat diperlukan untuk menyelesaikan suatu masalah. Apapun bentuknya itu. Biasanya Bijaksananya seseorang tidak dapat ditentukan oleh seorang diri. Melainkan masyarakatlah yang menilainya. Itulah mengapa tidak sembarangan orang bisa menjadi penengah suatu permasalahan, karena menjadi bijak itu tidak gampang.


5. Berkepala dingin
Setiap masalah apat diselesaikan dengan baik dan berkepala dingin. Tidak harus melibatkan kekerasan karena kekerasan tidak akan menyelesaikan masalah, kecuali menambah buruk masalah. Maka dari itu bersikaplah dengan cara berkepala dingin jika anda memang ingin menyelesaikan suatu masalah yang terjadi dalam pergaulan anda. 


2 komentar

Terima kasih telah berkunjung silahkan tinggalkan komentar dengan bijak :)
EmoticonEmoticon